Category Archives: Kebudayaan Jawa

Jelang Nyepi, Ribuan Umat Hindu Surabaya Lakukan Tabur Agung

Ribuan umat Hindu di Surabaya dan sekitarnya tengah melakukan ritual Tabur Agung sehari sebelum Tahun Baru Saka 1937 (VIVA / MZ Abidin)

Ribuan umat Hindu di Surabaya dan sekitarnya tengah melakukan ritual Tabur Agung sehari sebelum Tahun Baru Saka 1937 (VIVA / MZ Abidin)

injetID – Pagi ini, Jumat, 20 Maret 2015, ribuan umat Hindu di Surabaya dan sekitarnya tengah melakukan ritual Tabur Agung sehari sebelum Tahun Baru Saka 1937, Sabtu 21 Maret 2015 besok.

Upacara Tabur Agung digelar di pelataran Tugu Pahlawan Surabaya. Acara tersebut juga akan dihadiri Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, beserta jajaran forum pimpinan daerah.

Maskot SIPA 2014, Putri asal Malaysia Keturunan Mangkunegaran

Sipa2013

Sipa2013

INFO JATENG ID – Meski penyelenggaraan acara Solo International Performing Art (SIPA) masih terhitung lama, namun pihak penyelenggara yakni SIPA Community sudah mulai berbenah. Hal itu sebagai wujud dedikasi dalam perhelatan acara kelas internasional yang melibatkan sejumlah negara asing.

Ketua SIPA 2014, Irawati Kusumorasri saat ditemui wartawan baru-baru ini mengaku, pihaknya menyiapkan maskot untuk perhelatan SIPA 2014. Perhelatan yang menginjak kali ke-6 tersebut rencananya akan mendaulat salah seorang kerabat dari KGPAA (Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya) Mangkunegara IX, Yang Mulia Tuanku Atiah dari Johor, Malaysia.

“Kita sudah mempersiapkan maskot penyelenggaraan SIPA 2014 nanti. Rencananya, kita akan mendaulat salah seorang kerabat KGPAA Mangkunegara IX,” ucap perempuan yang akrab di sapa Bunda Ira tersebut.

Secara silsilah, terang Bunda Ira, Yang Mulia Tunku Atiah merupakan anak dari BRAj (Bendara Raden Ajeng) Retno Astrini yang tak lain saudara bungsu dari KGPAA Mangkunegara IX. Retno Astrini menikah dengan pangeran asal negeri Malaysia dan menetap di sana. Meski begitu, tali silaturahmi antara dua kerajaan yang memiliki budaya berbeda ini masih terjaga erat sampai sekarang.

“Meski beliau (Yang Mulia Tunku Atiah —  Red), tinggal dan besar di negeri Malaysia namun ia masih sering berkunjung kesini (Pura Mangkunegaran). Bagaimanapun, dirinya tidak mungkin melupakan asal usul ibunya yang merupakan trah dari salah satu pecahan kerajaan Jawa ini,” ungkap Bunda Ira.

Terkait bentuk sajian dari maskot yang didaulat tersebut, lanjut Bunda Ira, pihaknya masih menggodok konsep dan terus mematangkannya. Meski berasal dari negeri Malaysia, dirinya tidak risau bahwa perbedaan budaya tersebut akan menjadi sebuah penghalang.

“Justru sangat unik. Dimana, dua budaya menyatu didalam diri Yang Mulia Tunku Atiah ini,” tandas Bunda Ira.

Sumber: timlo.net

FESTIVAL WAYANG BOCAH 2013 Festival Dibuat Lebih Dekat dengan Masyarakat

Wayang-Bocah-2013-Solo

Wayang-Bocah-2013-SoloHampir dua dasawarsa sejak kali pertama digelar 1994 silam, pergelaran Festival Wayang Bocah Kota Solo selalu digelar di Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari. Tampil berbeda dari sejumlah gelaran sebelumnya, ajang pelestarian yang melibatkan puluhan pelajar sekolah dasar dan menengah pertama ini bakal tampil lebih dekat dengan masyarakat.

Indonesia Gelar Wayang World Puppet Carnival 2013

wayangJakarta–Karnaval wayang berskala Internasional akan digelar di Indonesia pada awal September. Acara bertajuk Wayang World Puppet Carnival (WWPC) 2013 ini melibatkan 64 kelompok seniman wayang yang berasal dari 46 negara yang mewakili lima benua di dunia.

Wow GAMELAN : Diusulkan Jadi Warisan Budaya Dunia

Gamelan.Sumarsam04SUKOHARJO — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengusulkan ke United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) agar gamelan dijadikan salah satu warisan budaya dunia. Pengusulan itu dilakukan agar gamelan tetap lestari di Indonesia.

Tahun Ini Keraton Solo Miliki Kantor Perwakilan di Malaysia

kraton-kasunanan

 

SOLO–Tahun ini, Keraton Kasunanan Surakarta direncanakan memiliki kantor perwakilan di Malaysia. Kantor perwakilan tersebut dimaksudkan guna memantau pencatutan nama keraton oleh pihak-pihak tertentu.